KKN Undip Tingkatkan Semangat Belajar Siswa dari Kacamata Negeri Sakura

Pendidikan memiliki peranan penting dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas. Sebab berbagai bekal ilmu kerap disampaikan melalui jenjang Pendidikan sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Di sisi lain dunia pendidikan juga makin berkembang seiring pesatnya kemajuan teknologi untuk mengetahui informasi yang tersedia di berbagai platform saat ini. Tersedianya berbagai informasi dapat digunakan para pelajar untuk mengetahui peluang yang ada untuk melanjutkan pendidikan yang mereka impikan atau bilamana ingin mengetahui bagaimana dunia pendidikan yang ada di berbagai belahan negara lainnya.

Jepang memiliki budaya pop dan tradisional yang dikenal cukup baik di Indonesia. Penikmat budaya tersebut mayoritas digandrungi oleh kalangan anak-anak masa sekolah dan juga sebagian orang dewasa. Meluasnya ketertarikan kawula muda terhadap negeri sakura ini tidak hanya sebatas dari hobi namun juga terselip cita-cita yang acapkali ingin diwujudkan ataupun keingintahuan mereka tentang gambaran pendidikan di Jepang.

Melalui kegiatan KKN Tim 1 Undip tahun 2023 ini dapat melihat sebuah gambaran pendidikan di Desa Sidapurna, Kabupaten Tegal bahwa jumlah sekolah yang ada tergolong terbatas dengan jumlah siswa yang juga terhitung sedikit. Sedikitnya jumlah institusi jenjang pendidikan yang ada membuat keberadaan sekolah dasar di desa ini jarang dilirik untuk diadakan sebuah penyuluhan atau program pemberian wawasan untuk anak sekolah.

Pelajar dari SDN Sidapurna 01 yang terletak di Desa Sidapurna contohnya. Mereka mengetahui budaya Jepang dengan baik seperti anime, dan tempat-tempat iconic namun jarang ditemukan kegiatan pengedukasian mengenai sistem pendidikan di sana dan informasi beasiswa yang ada sehingga  dari permasalahan ini, KKN Tim 1 Undip Desa Sidapurna mengajak para siswa untuk belajar bersama dan membangkitkan semangat belajar melalui edukasi informasi beasiswa dan studi sistem Pendidikan Jepang dan Indonesia pada Senin (16/01/2023).

Kegiatan pengedukasian ini diadakan untuk kelas 5 A dan B dengan menampilkan presentasi dan menonton anime bersama. Pengedukasian ini ditujukan untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi sekolah dasar mengenai kebudayaan Jepang dilihat dari sudut pandang pendidikan yang mana harapannya akan menjadi wawasan baru akan kondisi Jepang dalam memajukan pendidikannya. Selama sosialisasi berlangsung, terlihat siswa-siswi yang sangat antusias menyimak informasi-informasi baru yang mereka ketahui terlihat dari respon mereka ketika presentasi berlangsung dan munculnya beberapa pertanyaan yang dilayangkan kepada teman-teman KKN.

Agar lebih menarik, sosialisasi dikemas dengan menceritakan perbandingan pendidikan yang ada di Indonesia dan Jepang sehingga dapat ditarik kesimpulan apa yang sama dan apa yang berbeda dari kedua negara ini. Materi yang dijelaskan meliputi kehidupan sekolah Jepang seperti bagaimana jam belajarnya dan mata pelajaran apa saja yang dipelajari, tak lupa juga karakter siswa-siswi Jepang yang dikenal disiplin dan memiliki moralitas tinggi sehingga akan menjadi teladan baik bagi siswa-siswi untuk mencontoh perilaku positif tersebut.

Tidak hanya menerangkan sistem pendidikannya, sosialisasi ini juga memberikan informasi perihal beasiswa-beasiswa untuk mereka yang menginginkan melanjutkan pendidikan di negeri sakura. Informasi yang diterangkan hanya sebatas informasi umum agar mudah dipahami oleh siswa SD sehingga pemberian informasi beasiswa ini akan mejadi pemantik mereka untuk menyiapkan bekal ilmu, belajar lebih giat dan memiliki waktu yang panjang untuk menggapai impian mereka. Di akhir kegiatan sosialisasi tidak lupa ditutup denagn pemberian kesan pesan materi dan memberikan hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang sudah dijelaskan.

Author: Azis Wahyu Laksono

Sidapurna

Akun Resmi Pemerintah Desa Sidapurna

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *