SOSIALISASI GUNA MENINGKATKAN MINAT LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI

Menabung merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang baik individu maupun kelompok guna menyimpan/menyisihkan sebagian uang yang dimiliki. Kegiatan menabung tidak hanya bisa dilakukan di rumah, dan di sekolah namun juga bisa dilakukan di bank. Jenis tabungan tidak semata-mata harus uang, jenis tabungan juga bisa dilakukan dalam bentuk lain misalnya dalam bentuk emas, hewan ternak dan dalam bentuk-bentuk lainnya.

Kegiatan menabung ini bisa dikatakan penting dalam kehidupan, karena bisa memiliki banyak manfaat diantaranya untuk memenuhi kebutuhan mendesak, untuk memenuhi kebutuhan biaya yang banyak dan juga untuk memenuhi berbagai keperluan di masa yang akan datang.Menabung identik dengan kegiatan orang dewasa, dikarenakan anak-anak biasanya belum terlalu terfokus dengan permasalahan finansial. Namun, kegiatan menabung juga harus mulai dibiasakan sedari dini sehingga ketika sudah dewasa atau memiliki penghasilan sendiri maka sudah terbiasa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

Menanamkan dan memotivasi kegiatan gemar menabung kepada anak bisa dilakukan dengan langkah sosialisasi, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro tahun 2022/2023 yang diwakili oleh Aidha Mega Pratiwi dari program studi Ekonomi Islam angkatan tahun 2019. Sosialisasi diadakan di SD Negeri 01 Sidapurna dengan memberi materi kepada siswa-siswi kelas 1, yang berjumlah 35 anak. Sosialisasi perihal literasi keuangan dengan tema gemar menabung ini berisi pemahaman mengenai hal-hal dasar keuangan terlebih dahulu seperti jenis-jenis uang dan nominal angka yang tertera di mata uang, baik uang kertas maupun koin.

Para siswa diajarkan dan dimotivasi juga mengenai pengelolaan uang secara sederhana dengan mengutamakan skala prioritas, dan tentunya penyampaian materi disesuaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak sekolah dasar. Terlihat antusias yang begitu tinggi dari siswa-siswi, dibuktikan dari semangat mereka dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pemateri, walaupun tema yang disampaikan mungkin kurang familiar atau jarang disampaikan pada pembelajaran keseharian di sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (17/1/2023) ini bukan hanya disambut dengan baik oleh para siswa, namun juga mendapat sambutan yang hangat pula dari guru-guru dan perangkat sekolah yang lainnya, dikarenakan dengan adanya penyampaian materi sosialisasi ini mampu menambah wawasan dan kecakapan anak didik dalam pengelolaan keuangan untuk kehidupan sehari-sehari. Pemateri juga berharap bahwa apa yang disampaikan mampu diterapkan dan diaplikasikan padah keseharian siswa-siswi.

Penulis : Aidha Mega Pratiwi

Sidapurna

Akun Resmi Pemerintah Desa Sidapurna

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *