Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Ajarkan Aplikasi BukuKas untuk Bantu UMKM

Booklet Sebagai Alat Bantu Pembinaan terkait Pembukuan Digital | Sumber: Dokumen Pribadi

Tegal – Wahyu Agung Krisna Bakti, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro dengan program studi DIV-Manajemen dan Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi (SV) melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai aplikasi pembukuan digital yang berguna untuk mengelola keuangan dan melacak saldo persediaan barang dagang pada aplikasi BukuKas.

Dalam pelaksanaannya pada tanggal 26 Januari 2023, mahasiswa mengajarkan pedagang penggunaan aplikasi BukuKas dari mulai install aplikasi, membuat akun BukuKas, dan mengisi data untuk melengkapi profil akun. Kemudian, mahasiswa mengajarkan cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BukuKas, contohnya yaitu fitur Mode Kasir yang berguna untuk mencatat transaksi penjualan dengan dilengkapi nota, kemudian fitur Kelola Stok yang digunakan untuk mencatat persediaan barang dagang dan  pengendalian saldo persediaan barang dagang. Dalam fitur Pembukuan, pedagang dapat melihat histori dari penjualan yang telah dilakukan beserta informasi mengenai keuntungan yang dihasilkan. Dari fitur ini, pedagang dapat mengetahui laporan keuangan berjalan dan mengunduhnya sewaktu-waktu dibutuhkan.

Proses Pendampingan dan Pembinaan terkait Pembukuan Digital | Sumber: Dokumen Pribadi

Dalam mengajarkan aplikasi BukuKas, mahasiswa membekali para pedagang dengan modul pedoman cara penggunaan aplikasi BukuKas, sehingga dapat digunakan sebagai acuan jika sewaktu-waktu para pedagang lupa cara menggunakan fitur-fitur BukuKas. Modul ini juga dapat digunakan untuk warga binaan lain yang tertarik pada bidang wirausaha dan ingin mencoba menggunakan aplikasi digital BukuKas sebagai media untuk kegiatan transaksi jual dan beli.

Penulis : Wahyu Agung Krisna Bakti, Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Logistik, KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023, Desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati, S.KM., M.Gizi.

Slamet Suharto, S.Psi., M.Si

Dr. Muchammad, ST., M.T.

Sidapurna

Akun Resmi Pemerintah Desa Sidapurna

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *