Mahasiswa KKN Undip Buatkan Peta Tutupan Lahan Desa Sidapurna sebagai Media Visualisasi Pemanfaatan Lahan Desa

Peta Tutupan Lahan Desa Sidapurna

Tegal (03/02/2023) – Memasuki bulan Januari tahun 2023, Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswanya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang berbentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan KKN dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Januari – 16 Februari 2023, Desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal merupakan salah satu lokasi penerjuanan mahasiswa KKN periode tahun 2022/2023.

Dalam pelaksanaan KKN mahasiswa diwajibkan melaksanakan program kerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Salah satu mahasiswa peserta KKN Tim 1 UNDIP tahun 2022/2023 yaitu Alvin Nugraha A yang berasal dari Teknik Geodesi membuat program kerja “Pembuatan Peta Tutupan Lahan Desa Sidapurna”. Peta tutupan lahan sendiri dapat digunakan sebagai media visualisasi pemanfaatan lahan yang ada di desa.

Validasi tutupan lahan dengan perangkat desa

Pembuatan peta tutupan lahan diawali dengan melakukan verifikasi batas desa kepada perangkat Desa Sidapurna, kemudian menyiapkan citra satelit yang akan digunakan sebagai basemap. Setelah itu, dilakukan digitasi manual batas desa dan tutupan lahan secara on screen menggunakan software ArcGIS. Peta Tutupan Lahan menggambarkan kondisi fisik Desa Sidapurna seperti diantaranya yaitu pemukiman, sawah, semak belukar, tegalan, kebun campur, makam, jalan, sungai, dan saluran irigasi. Setelah dilakukan digitasi terkait tutupan lahan kemudian dilakukan validasi dengan survey langsung dan wawancara dengan perangkat desa, kemudian dilakukan proses layouting.

Penyerahan Peta Tutupan Lahan Kepada Kepala Desa Sidapurna

Adanya peta tutupan lahan diharapkan dapat dijadikan media oleh pemerintahan Desa Sidapurna untuk monitoring pemanfaatan lahan dan menjadi salah satu rujukan dalam proses pengembangan desa dari segi infrastruktur, sosial masyarakat, dan perekonomiannya.

Penulis: Alvin Nugraha Aditiya (Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro)

Sidapurna

Akun Resmi Pemerintah Desa Sidapurna

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *