Menanamkan Jiwa Berwirausaha Sejak Dini Bersama Mahasiswa KKN Tim I UNDIP

Pemberian Materi Sosialisasi tentang Berwirausaha Sejak Dini | Sumber : Dokumentasi Pribadi

Wirausaha merupakan sebuah kegiatan usaha yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan oleh pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal pembuatan produk baru, menentukan cara memproduksi barang baru, ataupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk dan mengatur permodalan usaha. Jadi, wirausaha mengarah pada orang yang melakukan kegiatan usaha sendiri denga segala kemampuannya.

Mengapa penting memberikan kesadaran untuk berwirausaha sejak dini? karena kesadaran untuk berwirausaha sejak dini dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk berkreasi dan mendapatkan ruang untuk mengasah kreativitasnya. Menanamkan jiwa wirausaha sejak dini terutama di usia anak-anak hingga remaja dapat menciptakan individu-individu yang kreatif dan kaya akan inovasi dalam menghadapi hambatan dan kendala pada kehidupannya kelak.

Kreativitas yang sudah terlatih sejak dini sudah termasuk pada kegiatan kewirausahaan yaitu menjadi modal utama prouktivitas dan kemandirian anak saat ia dewasa kelak. Apabila kreatifitas sudah terlatih maka akan banyak kelebihan dan ketrampilan yang dimiliki dan diperoleh sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi dan mengarak pada kualifikasi dalam merangsang pengembangan potensinya. Mengajarkan kewirausahaan sejak dini memberikan kesempatan untuk anak membangkitkan kreativitas individu dan tidak mudah menyerah dalam mengatasi tantangan.

Pemaparan Materi Berwirausaha Sejak Dini | Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro adalah  di SDN 01 Sidapurna yang terletak Desa Sidapurna Kec. Dukuhturi. Adapun target dalam sosialisasi  kami adalah kelas 6 SD. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam sosialisasi di SDN 01 Sidapurna adalah pemaparan materi “Pentingnya Berwirausaha” di mana ada beberapa poin yang seperti : pengertian wirausaha, manfaat wirausaha, Bagaimana Cara Menjadi Seorang Wirausaha dan Karakteristik wirausaha. 

Dari beberapa poin yang diberikan harapan kami siswa kelas 6 ini dapat mengerti secara garis besar dari “Berwirausaha” dan kedepannya dapat termotivasi dalam melakukan wirausaha.

Penulis : Wahyu Agung Krisna Bakti, Mahasiswa Manajemen dan Administrasi Logistik, KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023, Desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Dosen Pembimbing Lapangan :

  1. Naintina Lisnawati, S.KM., M.Gizi.
  2. Slamet Suharto, S.Psi., M.Si
  3. Dr. Muchammad, ST., M.T.

Sidapurna

Akun Resmi Pemerintah Desa Sidapurna

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *